Sebelumnya Anda sudah mempelajari tentang modul daftar produk, untuk menambah produk baru atau mengubah produk yang sudah ada, iSeller menyediakan berbagai macam fitur, dari fitur dasar seperti mengatur nama, deskripsi, harga, dan gambar produk sampai fitur pelengkap seperti pengaturan varian, pengaturan resep dengan komposit, dan pengaturan bundling dengan comboset.

Ikuti petunjuk pada artikel berikut untuk mempelajari fitur dasar dari pengaturan produk iSeller.

Pengaturan Harga

Pada panel Harga, Anda dapat menerapkan ataupun mengganti harga jual dari produk Anda. Anda juga dapat menerapkan pajak yang berbeda untuk tiap produk. Untuk mengaktifkan perhitungan pajak, aktifkan fitur Kenakan Pajak pada produk ini dan akan muncul daftar pajak per outlet. Secara default, pajak yang diterapkan adalah PPN dengan nominal 10%.

Cara Menerapkan Biaya Pajak yang Berbeda-beda

Langkah 1: Buat Biaya Pajak baru. Untuk membuat menambah daftar pajak baru, silahkan buka Pengaturan Pajak dan Biaya Lainnya (POS).

Langkah 2: Buka produk yang ingin diterapkan pajak. Aktifkan fitur Kenakan pajak pada produk ini.

Langkah 3: Atur pajak yang ingin diterapkan di tiap outlet.

Harga Beli

Harga beli digunakan untuk laporan Harga Pokok Penjualan / COGS (Cost of Goods Sold). Untuk mengaktifkan dan menerapkan harga beli dari produkAnda, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Pergi ke menu Pengaturan dan sub-menu Umum lalu ke bagian Business Settings. 

Langkah 2: Silahkan aktifkan tombol disamping Enable Automatic Costing dan Anda dapat memilih metode perhitungan Cost of Goods Sold pada bagian bawah. Kami menyediakan 3 metode, First In First Out, Last In First Out, dan Average. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan lihat halaman Pengaturan Umum.

Langkah 3: Pergi ke halaman Produk Anda lalu pilih produk yang ingin diberikan Harga Beli.

Langkah 4: Silahkan Anda isi harga pembelian dari produk tersebut.

Untuk melihat Laporan Keuntungan, silahkan buka halaman Laporan Laba & Rugi.

Visibilitas Produk

Visibilitas Produk menentukan apakah produk tersebut dapat dilihat dari POS ataupun dari Toko Online milik Anda. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur Visibilitas Produk.

Langkah 1: Pergi ke halaman produk yang ingin Anda atur visibilitasnya.

Langkah 2: Pada pojok kanan atas, Anda akan melihat panel Tampilkan dengan pilihan channel Penjualan, POS dan Toko Online.

Langkah 3: Jika tombol disamping Channel Penjualan (POS dan Toko Online) dimatikan, maka produk tersebut tidak akan terlihat di Channel Penjualan tersebut. Sebaliknya, jika tombol disamping Channel Penjualan (POS dan Toko Online) dinyalakan, maka produk tersebut akan terlihat.

Pengaturan Visibilitas untuk Semua Channel

Untuk mengatur visibilitas dari beberapa macam produk, silahkan mengikuti langkah berikut.

Langkah 1: Silahkan pergi ke halaman produk dimana Anda dapat melihat daftar produk milik Anda

Langkah 2: Centang produk-produk yang ingin Anda atur visibilitasnya

Langkah 3: Klik tombol 3 titik, dan pilih Tetapkan Visible

Langkah 4: Silahkan terapkan pengaturan visibilitas dengan mengaktifkan tombol disamping Channel Penjualan (POS dan Toko Online).

Organisasi Produk

Organisasi Produk adalah fitur yang dapat menggolongkan suatu Produk ke dalam suatu pengelompokkan. Ada tiga jenis Organisasi Produk yang kita sediakan antara lain: 

  • Tipe Produk: Jenis atau golongan dari produk tersebut (contoh: jaket pria, aksesoris wanita, jas pria, dll.) Produk dengan tipe yang sama akan memiliki warna yang sama pada POS. Membuat tipe produk juga dapat membantu Anda membuat koleksi produk dan memudahkan Penyaringan Produk.
  • Vendor: Jenis atau golongan merk dari suatu produk. Produk dengan vendor yang sama akan memudahkan proses penyaringan produk dan pembuatan koleksi produk. Anda juga dapat menampilkan produk dengan vendor yang sama di dalam toko online Anda.
  • Tags: Tags adalah kumpulan kata-kunci yang diasosiasikan dengan produk Anda. Pengisian tags dapat tampil pada proses penyaringan produk dan pembuatan koleksi produk.

Untuk mengatur organisasi produk, silahkan masuk ke dalam produk yang ingin Anda isi, lalu pada bagian kanan, Anda akan melihat panel organisasi yang berisikan Tipe Produk, Vendor, Koleksi, dan Tags.

Pengaturan Koleksi

Anda juga dapat mengumpulkan produk dengan golongan yang sama ke dalam satu koleksi. Penggolongan dengan koleksi memudahkan Anda untuk menampilkan beberapa produk dalam 1 tab di POS atau dalam 1 link / widget di Toko Online.

Koleksi produk juga memudahkan Anda untuk menerapkan diskon atau promo ke dalam suatu produk tertentu.

Gambar di atas menunjukkan dimana Anda dapat memasukkan satu produk ke dalam koleksi yang telah dibuat. Daftar koleksi harus dibuat terlebih dahulu. Kunjungi modul Koleksi untuk mengatur daftar koleksi Anda.

Add On untuk Produk

iSeller juga menyediakan Add On atau fitur tambahan untuk mengatur produk Anda lebih lanjut, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Multi Outlet Price and Visibility: Fitur ini memungkinkan Anda unuk mengatur harga produk dan visibilitas di masing-masing outlet.

Gambar Produk

Anda dapat mengunggah gambar produk dengan dua cara.

1. File Selector: Klik tombol pilih file lalu silahkan pilih file gambar yang ingin Anda tentukan sebagai gambar produk Anda.

2. Drag and Drop: Tarik file gambar produk Anda lalu taruh di daerah yang telah kami tandai dengan kotak merah.

Untuk menambah gambar, klik daerah yang telah ditandai dengan kotak merah lalu pilih file gambar, atau dengan tarik file gambar Anda lalu taruh di daerah yang sama.

Alt-Text pada Gambar Produk

Anda juga dapat mengisi Alt-Text / Alternate Text ke dalam gambar produk. Alt-Text dapat digunakan sebagai penanda / info tambahan jika Anda memiliki website sendiri untuk mencapai tampilan tertentu. Cara untuk menambahkan Alt-Text adalah sebagai berikut:

Tahap 1: Geser cursor mouse Anda ke gambar yang ingin Anda tambahkan Alt-Text, lalu klik logo pena yang ada pada bagian bawah gambar Anda.

Tahap 2: Pada tampilan selanjutnya, silahkan anda isi Alt-Text yang Anda inginkan. 

Untuk informasi lebih lanjut jika Anda ingin menampilkan Alt-Text pada website Anda, bisa menghubungi kami lewat live chat.

Deskripsi Tambahan

Anda juga dapat memasukkan deskripsi tambahan dari produk milik Anda. Untuk menambahkan deskripsi tambahan silahkan klik tombol Add Description yang telah kami tandai di dalam kotak merah.

Pada halaman penambahan / pengeditan Deskripsi Tambahan, silahkan pilih Jenis Deskripsi Tambahan yang Anda inginkan, kemudian isi Deskripsi Tambahan tersebut. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai setiap Jenis Deskripsi Tambahan.

Printer Dapur (POS)

Mengubah nama produk yang dikirim ke printer dapur. Biasa hal ini dilakukan untuk membuat nama produk lebih pendek atau lebih mudah dibaca.

Printer Tanda Terima (POS)

Mengubah nama produk yang dikirim ke printer kwitansi. Biasa hal ini dilakukan untuk membuat nama produk lebih pendek atau lebih mudah dibaca.

Penerjemah Lengkap Deskripsi Produk (Toko Online)

Digunakan untuk menulis deksripsi produk jika Toko Online Anda memiliki lebih dari satu bahasa. Pemilihan bahasa bisa diganti pada pojok kanan bawah. Untuk membuat Toko Online Anda memiliki fitur multi-language, silahkan buka halaman Pengaturan Bahasa di Toko Online.

Penerjemah Deskripsi Produk (Toko Online)

Pergantian Deskripsi produk sederhana (hanya berisi konten tekstual) bagi toko online yang memiliki lebih dari satu bahasa. Pemilihan bahasa bisa diganti pada pojok kanan bawah. Untuk membuat Toko Online Anda memiliki fitur multi-language, silahkan buka halaman Pengaturan Bahasa di Toko Online.

Teks Sederhana (Toko Online)

Penambahan deskripsi menggunakan teks sederhana bagi produk Anda, yang kemudian akan ditampilkan di Toko Online Anda.

Rich Text (Toko Online)

Penambahan deskripsi menggunakan format Rich Text (format teks yang dapat diatur tampilannya, seperti Bold, Italic, Text Alignment, dll.) bagi produk Anda, yang kemudian akan ditampilkan di Toko Online Anda. Pada Rich Text, Anda juga dapat menambah tabel dan gambar agar deskripsi lebih mudah dimengerti.

Ambil dari URL (Toko Online)

Penambahan deskripsi yang diambil langsung dari URL tertentu, konten URL yang dipasang akan kami tampilkan seluruhnya pada deskripsi produk.

Deskripsi tambahan dengan informasi Toko Online dapat ditampilkan pada website yang Anda buat sendiri. Untuk informasi lebih lanjut jika Anda ingin menampilkan Deskripsi Tambahan pada website Anda, bisa menghubungi kami lewat live chat.

Ekspor Timeline

Anda juga dapat mengekspor timeline produk milik Anda. Untuk mengekspor produk, silahkan pilih salah satu produk lalu klik logo yang telah kami tandai seperti gambar berikut.

Kemudian klik Export Timeline.

Lalu akan muncul halaman pop-up  seperti gambar berikut.

Beberapa informasi yang harus Anda masukkan:

  • Outlet: Lokasi outlet yang Anda pilih untuk mengekspor timeline produk.
  • Tanggal Mulai: Tanggal mulai yang Anda pilih untuk mengekspor timeline produk.

Setelah Anda sudah mengisi informasi diatas, silahkan klik tombol Export untuk melanjutkan melakukan ekspor timeline.

Apakah Anda menemukan jawaban?