Sebelum Anda mulai berjualan dengan iSeller baik melalui POS ataupun toko online, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan seluruh data produk yang dijual. Di module Produk, Anda dapat melihat daftar produk beserta harga dan inventarisnya, menambah atau mengedit produk, menonaktifkan produk, import dan eksport, dan banyak lagi.

Judul Halaman Produk

Pada Judul Halaman Produk, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti:

  • Impor: Memasukkan produk dengan jumlah banyak menggunakan CSV atau Excel dengan Template yang sudah disediakan. 
  • Ekspor: Mengekspor semua atau sebagian produk yang Anda miliki yang dimana Anda dapat mengolah kembali data-data tersebut yang sudah diubah menjadi data CSV.
  • Tambah Produk: Menambah produk baru ke dalam daftar produk yang Anda miliki. 

Bagian Utama Halaman Produk

Bagian utama dari halaman produk memungkinkan Anda untuk melihat daftar semua produk Anda, mencari produk tertentu, serta menyaring/ melakukan filter daftar produk yang ingin Anda cari.

Pada judul tabel, Anda dapat melihat penjelasan-penjelasan seperti: Name, Inventory, Price, Type, Vendor dan Active. Judul tabel ini bisa Anda klik untuk melakukan sortir atau pengurutan barang secara alphabet / angka dari kecil ke besar dan sebaliknya.

Berikut penjelasan sederhananya:

  • Name: Nama dari produk-produk yang Anda miliki
  • Inventory: Jumlah stok yang tercatat, jika tidak terdapat angka, berarti Anda tidak mengaktifkan fitur Lacak Inventaris dengan iSeller.
  • Price: Harga dari produk tersebut.
  • Type: Tipe dari produk tersebut, Produk dengan tipe yang sama akan memiliki warna yang sama pada tampilan POS.
  • Vendor: Adalah nama dari supplier atau vendor dimana Anda mendapat barang tersebut.
  • Active: Status dari produk tersebut. Jika dinonaktifkan, maka produk tersebut tidak akan terlihat pada POS dan Toko Online Anda.

Mencari Produk

Untuk mencari produk tertentu silahkan tulis nama produk yang Anda ingin cari ke dalam kotak berwarna merah, maka secara otomatis sistem iSeller akan memilah daftar produk yang memiliki nama tersebut.

Menyaring Produk

Secara default iSeller menyediakan tiga jenis penyaringan produk awal yaitu Aktif, Nonaktif dan Semua Produk.

Jika Anda ingin menyaring daftar produk Anda, silahkan klik pada logo corong yang berada pada kiri atas dari bagian utama halaman produk, maka Anda akan menemukan berbagai tipe penyaringan produk yang telah kami sediakan. 

Ada total 6 tipe penyaringan yang bisa Anda lakukan kepada daftar produk Anda:

  • Aktif: Metode penyaringan daftar produk berdasarkan status dari produk tersebut, apakah aktif atau nonaktif.
  • Tampilkan: Metode penyaringan daftar produk berdasarkan visibilitas (Toko online atau POS) produk.
  • Outlet: Metode penyaringan daftar produk berdasarkan lokasi outlet dimana produk tersebut ditampilkan (visibilitas produk di outlet tertentu).
  • Tipe Produk: Metode penyaringan daftar produk berdasarkan tipe produk yang sudah didaftarkan.
  • Vendor: Metode penyaringan daftar produk berdasarkan vendor atau supplier dari produk tersebut.
  • Tags: Metode penyaringan daftar produk berdasarkan tags yang dihubungkan pada produk tersebut.

Setelah Anda memilih metode penyaringan, Anda akan menemukan form penyaringan sebagai berikut:

Setelah memilih kolom untuk disaring (dalam contoh ini adalah Tipe Produk), silahkan isi bagian operator dan nilai dengan penjelasan seperti berikut:

  • Operator: Cara bagaimana produk akan disaring, dalam contoh ini operator yang dipilih adalah Sama Dengan.
  • Nilai: Nilai dari produk yang ingin Anda saring, dalam contoh ini Nilai yang dipilih adalah Aksesoris.

Setelah semua dimasukkan, silahkan klik Tambah Filter maka hasil dari Penyaringan Produk akan seperti berikut:

Menyimpan Hasil Penyaringan Produk

Hasil dari penyaringan yang telah Anda lakukan bisa disimpan untuk digunakan nanti. Cukup klik tombol My Filter untuk menyimpan hasil penyaringan tersebut. Jika bingung, silahkan lihat gambar dibawah.

Anda cukup memasukkan Nama dari Hasil Penyaringan Produk tersebut dan tekan tombol Save maka hasil penyaringan produk Anda sudah tersimpan.

Anda dapat mengakses setiap hasil penyaringan produk Anda dengan klik menu More yang berada disamping kanan tombol My Filter.

Fungsi Tambahan Module Produk

Pada bagian Judul Halaman Produk, Anda juga dapat mencetak label dalam bentuk bar-code ataupun QR code. Silahkan klik More menu lalu klik Print Labels.

Kemudian, akan tampil halaman pengaturan Label dimana Anda dapat mengatur label yang ingin dicetak. 

Barcode biasa digunakan untuk mempermudah bisnis retail untuk mencari barang dengan melakukan scan menggunakan Barcode Scanner. Berikut adalah beberapa penjelasan yang akan Anda lihat jika ingin mencetak label barcode.

  • What to print: Jenis label yang akan Anda cetak, untuk mencetak label barang silahkan pilih Product Label. Untuk mencetak label QR Code, silahkan pilih Online Payment Label.
  • Label Size: Ukuran gambar barcode label yang ingin Anda cetak.
  • Fill Entire Sheet: Jika diaktifkan akan mencetak tampilan secara horizontal berurutan.
  • Show Barcode: Jika diaktifkan akan menampilkan tampilan Barcode dengan syarat Barcode pada formulir Produk sudah diisi.
  • Show Name: Jika diaktifkan akan menampilkan nama dari produk di dalam label barcode.
  • Show Price: Jika diaktifkan akan menampilkan harga dari produk di dalam label barcode.
  • Show SKU: Jika diaktifkan akan menampilkan SKU dari produk di dalam label barcode.

Jika Anda ingin mencetak QR Code, silahkan ubah Product Label menjadi Online payment label (biasa digunakan untuk pembayaran digital), maka tampilan baru yang akan Anda lihat adalah seperti berikut.

Fitur Tambahan - Checklist

iSeller juga menyediakan fitur tambahan checklist pada modul ini, yaitu ketika Anda mencentang data yang tersedia maka akan muncul fitur tambahan yang dapat membantu Anda lebih cepat dalam pengolahan data.

Ketika Anda sudah melakukan checklist, maka akan muncul fungsi tambahan pada bagian atas.

  • Nonaktifasi: Fitur ini akan menonaktifkan semua list produk yang sudah Anda checklist. Jika list produk dimatikan, maka produk yang bersangkutan tidak akan muncul di POS atau toko online,
  • Tetapkan Visible: Fitur ini akan menampilkan produk yang sudah Anda checklist. Anda dapat menentukan produk yang bersangkutan tampil di checkout POS / toko online / checkout POS dan toko online,
  • Set Sold Out Strategy: Fitur ini memperbolehkan kita mengatur strategi produk terjual habis. Fitur ini memliki 2 metode strategi yaitu Lanjutkan Jualan, dimana akan digunakan apabila Anda ingin tetap menjual produk dengan keadaan produk sudah out of stock dan Berhenti Menjual, dimana akan digunakan apabila Anda tidak ingin melanjutkan menjual produk ketika produk sudah out of stock,
  • Set Alert at Stock: Fitur ini akan menampilkan pemberitahuan stok produk Anda akan segera habis pada saat checkout POS atau toko online,
  • Hapus: Fitur ini akan menghapus semua daftar produk yang sudah Anda checklist. Data koleksi yang sudah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi, jika Anda ingin mematikan sementara, silahkan pilih fitur nonaktifasi.
  • Print Labels: Fitur ini dapat mencetak label pada produk Anda. Label yang dapat dicetak terdapat 2. yaitu label produk dan label pembayaran online.

Langkah Selanjutnya

Di artikel ini, Anda sudah mengenal fungsi dasar dan garis besar module Produk di iSeller. Selanjutnya, Anda bisa mempelajari lebih dalam mengenai konsep dan tipe produk yang didukung iSeller, dan mulai menambah atau mengimport data produk Anda. Silahkan klik Pengaturan Produk untuk langkah selanjutnya.

Apakah Anda menemukan jawaban?